Sabtu, 09 Agustus 2014

Otak

Bismillahirahmanirrahim…

Satu-satunya organ yang nggak bisa kita cangkok.

Dalam buku “The Amazing Brain”, Robert Ornstein & Richard F. Thompson menuliskan bahwa, Otak memiliki ukuran seperti buah anggur, beratnya kira-kira sama dengan berat sebutir kol, tetapi mampu mengatur seluruh fungsi tubuh; mengendalikan kebanyakan perilaku dasar kita, seperti makan, tidur, mengatur suhu tubuh. 




Otak ibarat seorang Penanggung Jawab atas semua kegiatan luar biasa yang kita lakukan: membuat peradaban, musik, seni, ilmu, dan bahasa. Harapan, pikiran, emosi, dan kepribadian kita dionggokkan di suatu tempat di dalamnya. 




Otak menyimpan sekitar sepuluh miliar sel otak. Setiap satu sel menyimpan lagi satu unit terkecil dari sel itu. Setiap unit terkecil itu memiliki kelompok-kelompok yang jumlahnya puluhan miliar.




Tahukah Anda bahwa Anda memiliki potensi CERDAS! Anda adalah calon PROFESOR! Tapi kenapa sampai sekarang kita g CERDAS dan g jadi PROFESOR ?? itu karena kita ngga gunain OTAK secara maksimal!!




Syaikh Muhammad Al-Ghazali dalam salah satu bukunya menyebutkan, menurut hasil penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan bahwa orang-orang besar yang pernah ada dalamsejarah hanya menggunakan 5 sampai 10 % dari total potensinya.




Mau pintar ? makanya belajar!! Kata iklan juga, maaf klo Anda tersinggung berarti Anda ga pintar, dan jarang belajar... 




Kita teruskan belajarnya biar pintar, insyaAllah...




Tahukah Anda bahwa kecerdasan seseorang tidak ditentukan oleh jumlah sel otak tetapi oleh interaksi antara satuan terkecil sel otak.




Otak Anda memiliki 100 miliar neuron atau sel saraf aktif. Masing-masing neuron memiliki hingga 20.000 koneksi. (David A. Sousa, How the Brain Learns)




Maksudnya adalah, kecerdasan seseorang ditentukan oleh sebanyak interaksi yang terjadi antargen. Setiap kali terjadi satu interaksi, setiap itu pula tercipta satu jalur (jalur informasi dalam otak). Jalur tersebut berfungsi seperti serat optik yang dipakai untuk berkomunikasi. Jalur-jalur itulah yang menyampaikan informasi. Dalam setiap detik terjadi 100.000 sampai 1.000.000 interaksi antar satuan sel terkecil.




Pernahkah Anda mendengar bahwa sel otak memiliki ciri yang sama seperti otot manusia. Jika dilatih terus menerus, ia akan kuat. Begitupun sebaliknya , jika tidak dilatih, ia akan mengerut. Jika sel otak sering digunakan, otak akan selalu bekerja dengan baik. Sel otak yang sering digunakan membuat seseorang tidak mudah lupa alias pikun.




So, tunggu apa lagi. Anda adalah Apa yang Anda Pikirkan! Anda Berpikir Cerdas maka Anda adalah orang CERDAS, Anda berpikir Profesor, maka Anda adalah seorang Profesor. 




Andria Pragholapati

Ditulis Sabtu, 3 Desember 2011










Tidak ada komentar:

Posting Komentar