Rabu, 22 Oktober 2014

Context, culture and (non-verbal) communication affect handover quality

Transfer keperawatan dikenal juga sebagai serah terima, serah terima menjadi salah satu hal penting dalam resiko keamanan pasien dan peluang untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan keperawatan. 
 
Serah terima sudah menjadi budaya yang terjadi dalam pelayanan kesehatan. Budaya serah terima yang terjadi dapat membahayakan keselamatan pasien karena komunikasi yang gagal. Salah satu bahaya dari kegagalanserah terima pasien berbasis rumah sakit secara empiris telah didokumentasikan yaitu terjadinya mal praktek dalam operasi, karena komunikasi yang gagal dalam serah terima dan ini terjadi di 43% kasus, dengan kegagalan komunikasi yang paling umum terkait dengan hilangnya informasi.

Hal komunikasi yang utama lainnya dalam serah terima untuk meningkatkan kualitas keselamatan pasien adalah Komunikasi non-verbal (NVB).

Komunikasi non-verbal (NVB) dalam serah terima dalam penelitian ini adalah
 
1) Joint Focus (fokus perhatian bersama)

Joint Focusmengacu pada kemampuanuntuk mempertimbangkaninformasi tentangperhatian visualsendirisecara paraleldenganinformasi tentangperhatian visualdariorang lain(Mundy P, Sullivan L, Mastergeorge AM., 2009).

2) Poker hand

The 'Poker' menggambarkan pola di mana residen atau perawat memegang artefak kertas, misalnya, rekam medis atau alat serah terima, sedemikian rupa sehingga tidak dapat dilihat oleh residen atau perawat, dan menggunakannya untuk menyampaikan informasi kepada profesional yang masuk.

Ada peningkatan resiko kesalahan yang signifikan ketika informasi ditransfer tanpa kesempatan untuk mengkonfirmasi kebenarannya (Basma S, Lord B, Jacks LM, et al., 2011).

3) Parallel Play (bermainparalel)

Bermain Paralel mengacu pada pola di mana para profesional keluar dan masuk mungkin bekerja dalam ruang fisik yang sama, tetapi kegiatan mereka tidak memiliki fokus visual, perhatian bersama.

Sebagai contoh, seorang perawat keluar atau residen dapat duduk dan melihat layar komputer dengannya kembali ke dokter yang masuk.
 
4) Kerbside consultation (konsultasikerbside)

Konsultasi kerbside mengacu pada poladi mana satu profesional (biasanya keluar dengan) berdiri sementara yang lain (masuk) duduk selama serah terima.

Risiko yang terlibat dalam konsultasi kerbside adalah bahwa sedikit perhatian dapat diberikan kepada semua tapi masalah perawatan pasien yang paling mendesak, dan bahwa informasi penting mungkin akan hilang.

Dalam hal keselamatan pasien, Joint Focus (fokus perhatian bersama)dianggap memiliki potensi terbaikuntukkualitas dan keandalan yang tinggi.

DAFTAR PUSTAKA
Frankel, R. M., Flanagan, M., Ebright, P., Bergman, A., O’Brien, M. C., Franks, Z., et. al. (2012). Context, culture and (non-verbal) communication affect handover quality. Retrieved 9 Oktober 2014 From http://qualitysafety.bmj.com/content/21/Suppl_1/i121.full.html

THE TIDAL MODEL

Tidal Model muncul pada akhir 1990-an dari karya Phil dan Poppy Buchanan-Baker di Newcastle. Mereka sedang mengembangkan model lebih lanjut dengan rekan-rekan di beberapa negara.

Disebut Tidal Model karena menggambarkan metafora filososfis inti dari teori chaos, sehingga tak terduga namun dibatasi sifat perilaku manusia dan pengalaman dibandingkan dengan aliran dinamis dan kekuatan air dan gelombang laut.

Tidal Model adalah teori yang diterima secara internasional untuk praktek pemulihan kesehatan mental.

Sejak diluncurkan pada pertengahan 1990-an pasang surut model telah menghasilkan lebih dari 100 proyek resmi di inggris, irlandia, kanada, jepang, australia dan selandia baru.

Proyek-proyek ini berkisar di seluruh spektrum perawatan kesehatan mental lengkap: dari homebased perawatan dan rawat jalan yang kecanduan obat, fase akut, rehabilitasi dan unit forensik, dan juga untuk perawatan orang tua dengan demensia tahap awal. Diluar bidang kesehatan mental, praktisi dalam perawatan paliatif mengeksplorasi tidal model sebagai filsafat alternatif untuk perawatan orang-orang yang sekarat.

Tidal model adalah pendekatan filosofis untuk menemukan mental kesehatan.

Tidal filosofis merupakan cara berpikir tentang apa yang orang mungkin perlu dalam proses pertolongan. Tidal bertanya: apa yang mungkin perlu dilakukan untuk membantu orang dalam keadaan bermasalah, dan akhirnya memulihkan kehidupan mereka ?.

Tidal menekankan penemuan kesehatan mental yang maknanya bervariasi atau berbeda dari satu orang ke orang yang lain. Tidal Model memberikan proses bahwa orang akan menemukan apa artinya kesehatan mental bagi mereka sebagai orang yang unik.

Di Tidal Model terdapat 3 domain yaitu:

1. Dirinya sendiri (Self)

2. Dunianya (World)

3. Dan Selain diri dan dunianya (Others)

Penekanan Tidal model berada pada cara menemukan kesehatan mental pada diri seseorang secara unik. Melalui hal seperti ini maka penggunaan model tidal bertujuan untuk membantu orang merebut kembali kisah pribadi seseorang sekitar kesusahannya, dengan menggunakan dirinya sendiri (suara, bahasa, dan metafora), seseorang mulai mengekspresikan makna kehidupannya dengan mengatasi, memecahkan atau datang untuk berdamai dengan masalah. Melalui pendekatan ini, Tidal Model mampu memberikan arahan untuk praktek keperawatan, pendidikan, penelitan dan kebijakan yang menawarkan integrasi yang lebih bijaksana diantara tim perawatan profesional.

Tidal Model didasarkan pada empat asumsi dasar mengenai praktik keperawatan.

1. Keperawatan kesehatan mental adalah interaktif, perkembangan, aktivitas manusia, lebih berkaitan dengan pembangunan masa depan orang tersebut, dibandingakan dengan asal mula atau pencetus penderitaan mereka. Hal ini penting untuk mempertimbangkan kemungkinan pengaruh sejarah masa lalu (peristiwa kehidupan fisik dan faktor-faktor sosial pada munculnya masalah mereka). Namun, fokus utama keperawatan adalah pada hubungan seseorang dengan kesehatan dan penyakitnya, bukan pada penyakit itu sendiri. Perawatan difokuskan dalam mengenditifikasi apa yang perlu dilakukan untuk membantu orang mengatasi atau beradaptasi pada masalah hidup yang dapat didiagnosis sebagai salah satu bentuk ‘penyakit metal’ atau yang lain.

2. Pengalaman masalah hidup manusia diungkapkan oleh orang melalui beberapa tampilan publik menyedihkan atau perilaku mengganggu, atau melalui berbicara tentang ‘acara pribadi’ (pikiran, perasaan keyakinan dll) yang hanya diketahui oleh orang yang bersangkutan. Meskipun seseorang ‘berprilaku menyedihkan’ dapat disaksikan oleh orang lain, misalnya keluarga, teman-teman, dan staf profesional, pengalaman manusia dalam keadaan susah selalu terlihat. Perawatan bertujuan untuk membantu akses orang dan meninjau pengalaman tersebut, dalam upaya untuk kembali menulis kehidupan seseorang, dan untuk memulai penyembuhan kesusahan masa lalu dan sekarang, sebagai bagian dari orang tersebut pembangunan manusia.

3. Perawat dan dalam perawatan orang terlibat dalam suatu hubungan berdasarkan saling pengaruh. Asuhan keperawatan bukanlah proses satu arah. Perawatan melibatkan kepedulian orang tersebut dalam merawat. Sifat kolaboratif hubungan peduli dapat menghasilkan perubahan untuk perawat, serta orang dalam perawatan.

4. Apa yang biasa disebut ‘penyakit mental’ melibatkan berbagai masalah hidup manusia. Keperawatan difokuskan pada mengatasi masalah ini, dalam dunia sehari-hari dari pengalaman seseorang. Meskipun perawat menghabiskan waktu dengan orang, meninjau dan mengantisipasi peristiwa kehidupan, fokus utamanya adalah terlibat dengan dunia nyata dari pengalaman seseorang. Perawatan difokuskan bukan pada kesehetan atau penyakit khusus, tetapi pengalaman seseorang dan hubungan untuk sehat atau sakit.