Rabu, 17 September 2014

Tata Kelola

Tata kelola adalah kerangka dimana tim kesehatan bertanggung jawab untuk kualitas, keamanan dan kepuasan pasien dalam perawatan yang mereka berikan. Tata kelola adalah kumpulan semua kegiatan yang mempromosikan, mereview, mengukur dan memantau kualitas perawatan pasien yang menjadi satu kesatuan yang utuh dan koheren.

Di Australia Barat, tata kelola telah didefinisikan sebagai suatu pendekatan sistematis yang terintegrasi untuk jaminan, ulasan tanggung jawab klinis dan akuntabilitas untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan pasien yang optimal. Tata kelola adalah kendaraan utama yang digunakan rumah sakit untuk bertanggung jawab melindungi standar tinggi perawatan kesehatan (termasuk berurusan dengan profesional miskin kinerja), untuk terus meningkatkan kualitas layanan mereka, dan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan di mana keunggulan klinis dapat berkembang. Karakteristik kunci dari tata kelola keperawatan adalah budaya dan komitmen untuk jasa yang telah disepakati serta tingkat dan kualitas pelayanan yang akan diberikan.
 
Tujuan Tata Kelola
 
Tata kelola keperawatan ditujukan untuk meningkatkan kualitas perawatan klinis di semua tingkat organisasi dengan mengkonsolidasikan, kodifikasi, dan standardisasi kebijakan organisasi dan pendekatan, terutama klinis dan akuntabilitas. Tata kelola memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi bersama kinerja pelayanan dan kontrol keuangan dalam setiap pelayanan kesehatan serta seluruh sistem perawatan kesehatan secara keseluruhan.

Tata kelola dapat mengubah pola kerja, sambil membawa manfaat penting, membawa tanggung jawab tambahan beserta resikonya. Contohnya membatasi jam kerja perawat untuk mengurangi resiko kesalahan yang dipicu oleh kelelahan, tetapi mempertinggi perlunya komunikasi yang baik antar shift selanjutnya. Tata kelola melakukan penekanan dalam merancang sistem yang lebih aman untuk melindungi pasien dari “human error” dan menyelaraskan prioritas manajemen keperawatan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar