Rabu, 13 Agustus 2014

Cegah stres dgn Taubat

Rasulullah Saw bersabda:

Setiap orang (keturunan Adam) pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-bainya orang yang berbuat salah (dosa), adalah mereka yang mau mengakui kesalahannya (bertaubat).
(HR. Ahmad, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ad-Darimi)

Secara psiklogis seseorang yg berbuat salah atau dosa akan menyebabkan dirinya dihantui perasaan bersalah. Perasaan ini muncul dari alam bawah sadar yang dapat menimbulkan kegelisahan dan kecemasan, istilah dalam psikoanalisis disebut moral anxiety (kecemasan moral). Moral anxiety dapat membuat jiwa seseorang menjadi terganggu atau stres.

Jalan keluarnya dari permasalahan ini adalah dengan bertaubat, yakni dengan mengakui dan memohon maaf atas kesalahan yang telah diperbuatnya dengan kesungguhan hati dan bertekad untuk tidak mengulanginya di kemudian hari.

Allah SWT berfirman:

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui." (QS Ali Imran:135)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar