Sabtu, 09 Agustus 2014

Pengertian keperawatan kesehatan jiwa


Pengertian keperawatan kesehatan jiwa
Perawatan psikiatrik/ keperawatan kesehatan jiwa yaitu dimana proses perawat membantu individu atau kelompok dalam mengembangkan konsep diri yang positif meningkatkan pola hubungan antar pribadi yang lebih harmonis serta agar berperan lebih produktif di masyarakat (Dorothy,Cecelia).






Diperkirakan bahwa 2-3 % dari jumlah penduduk Indonesia menderita gangguan jiwa berat .Bila mereka memerlukan perawatan dirumah sakit dan jika penduduk Indonesia berjumlah 120 juta orang maka ini berarti bahwa 120 ribu orang dengan gangguan jiwa berat memerlukan perawatan dirumah sakit. Padahal yang tersedia sekarang hanya kira-kira 10.000 tempat tidur. Psikiater Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Soeharto Herrdjan Jakarta, Dr Gerald Mario Semen SpKJ, mengatakan, gangguan kesehatan jiwa di Indonesia cukup merata di berbagai daerah dengan latar belakang penyebab yang relatif sama. Hasil penelitian menyatakan 15 persen dari populasi penduduk di Indonesia terdeteksi mengalami gangguan kesehatan jiwa dan persentase itu juga sama di berbagai daerah (Gerald). Simposium dan workshop itu merupakan kegiatan awal sebelum Kongres Nasional (Konas) V Skizofrenia (gangguan kesehatan jiwa) dilaksanakan pada 24 - 26 Oktober di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.





Konas Skizofrenia itu merupakan bagian dari peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) ke-26, tangga 10 Oktober 2008, yang mengedepankan kesehatan jiwa sebagai prioritas global dengan peningkatan pelayanan melalui advokasi dan aksi masyarakat. Persentase gangguan kesehatan jiwa itu akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya beban hidup masyarakat Indonesia.




Himpitan hidup akibat tekanan ekonomi rentan menimbulkan gangguan kesehatan jiwa, demikian pula akibat politik praktis yang berdampak depresi mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar