Sabtu, 09 Agustus 2014

Jurnal tindakan preventif



Beberapa jurnal menunjukan bahwa tindakan preventif sangat penting.


§ Childhood maltreatment


(psysical abouse, sexual abuse, exposure abuse) yang didapatkan seseorang ketika kecil ternyata memberi pengaruh dan menyebabkan kerentanan mengalami gangguan jiwa dari 8000 responden, 14 % menyatakan pernah mengalami salah satu dari ketiga jenis tersebut, dan 34 % menyatakan mengalami lebih dari 1 jenis (American Journal Of psikiatri, volume 160,Agustus 2003)


§ Perempuan yang mengalami depresi ketika usianya 18-21


Mempunyai kecenderungan obesitas dibandingkan dengan yang tidak mengalaminya. Namun secara umum, mereka baik laki-laki maupun perempuan yang mengalami depresi ketika usianya 11-15 tahun, maka ia mempunyai kecenderungan untuk mengalami obesitas lebih tinggi dimasa adult-nya (Archives of pediatrics and adolescent Medicine, Volume 157,Agustus 2003)


§ Dari seluruh responden berusia 26 tahun lebih dari setengahnya mengalami gangguan kesehatan jiwa yang diprediksikan sama dengan gangguan jiwa yang mungkin dideritanya ketika ia berusia 15 tahunan (archives of general Psikiatri Vol 60, Juli 2003).


§ Terapi farmakologi dan psikoterapi yang diberikan secara bersamaan pada wanita berpenghasilan rendah (low income) penderita depresi, ternyata dapat menurunkan tingkat depresi. Dilaporkan bahwa mereka yang hanya mendapat terapi farmakologi saja, menunjukan penurunan tingkat depresi dan juga peningkatan aktifitas kerja rumah ataupun pekerjaannya. Sedangkan mereka yang hanya mendapat psikotherapi saja, juga mengalami penurunan tingkat depresi tetapi tidak mengalami peningkatan dalam aktifitas rumah atau pekerjaannya (Journal of the Amerika Medical Association, volume 290, july 2003).





§ Seorang anak dengan orang tua yang mengalami gangguan jiwa pula pada masa adolescent-nya (pediatrics, volume 112, August 2003).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar